Sunday, August 25, 2013

Tips: Agar Kue Bolu Tidak Bantat



Buat temen-temen yang baru belajar membuat kue, sering kali kita salah pada saat proses pembuatan kue bolu sehingga menyebabkan kue yang kita buat menjadi bantat. Saya juga pernah beberapa kali gagal ketika membuat kue. Setelah browsing-browsing di internet, alhasil saya menemukan beberapa tips agar kue bolu tidak bantat. Tips dibawah saya ambil dari beberapa web, dan sangat bermanfaat sekali. Sehingga saya putuskan untuk saya share agar teman teman semua mendapat pencerahan.
Berikut tipsnya :

  • Pada saat memanggang di oven
Ketika kue akan dimasukkan ke dalam oven, oven harus dalam keadaan sudah panas. Jadi pada saat mengaduk adonan tepung, nyalakan oven. Karena jika adonan kue dimasukkan ke dalam oven dalam keadaan oven tidak langsung panas maka adonan bisa turun.
  • Cara mengecek kue sudah matang apa belum
jika ingin mengecek kue sudah matang atau belum, tusuk dengan garpu, kalau tidak ada bekas pada garpu maka kue sudah matang. Tapi hindari buka-tutup oven terlalu sering, karena hal ini bisa membuat suhu udara dalam oven jadi tidak stabil. Akibatnya kue yang Anda buat tidak bisa matang dengan sempurna sehingga kue akan jadi bantat.
  • Tepung Terigu
Pilih tepung terigu protein tinggi untuk membuat adonan kue (contoh Cakra Kembar ), untuk alasannya bisa dibaca di Mengenal Jenis Tepung beserta Kegunaannya. Tepung terigu yang digunakan harus benar-benar kering dan lembut. Karenanya, Anda harus menjemur tepung terigu terlebih dahulu dan kemudian ayak agar mendapatkan tepung yang lembut.
  • Backing Powder harus Segar
Saat membuat kue, baking powder berfungsi untuk mengembangkan adonan kue. Karena dikemas dalam wadah plastik yang kering, biasanya orang berpikiran bahwa baking powder ini bisa tahan lama. Padahal, walau belum masuk kadaluarsa, bisa jadi kekuatan baking powder ini tak sekuat dulu.

Baking powder yang sudah terlalu lama akan membuat kue tidak mengembang. Cek dulu kekuatan dan reaksi baking powder sebelum mencampurkannya ke dalam adonan. Cara mengujinya cukup mudah, masukkan saja sedikit baking powder ke dalam air panas. Jika tidak ada gelembung udara yang terbentuk atau tak ada reaksi sama sekali, berarti baking powder ini sudah tidak berfungsi lagi. 
  • Pengocokan Telur
Pilih telur yang sudah dalam kondisi ruangan, bukan yang baru diambil dari lemari es. Selama proses pengocokkan telur, jangan tambahkan bahan lain sampai adonan benar-benar mengembang atau berubah jadi warna putih. Telur hanya dikocok bersama dengan gula. Setelah mengembang, barulah tambahkan bahan lain.
Kalau lagi me-mixer telurnya kalau bisa jangan sampai terkena air karena telur tidak bisa mengembang.
  • Takaran kue
Takaran bahan yang salah juga akan menyebabkan kue menjadi bantat. Maka ikutilah resep yang ada, namun resep yang anda gunakan haruslah sudah benarm jangan hanya resep yang asal-asalan

Semoga bermanfaat (^_^)
Happy Cooking

0 comments:

Post a Comment